Minggu, 08 Maret 2009

Lingkungan Perokok

Ketergantungan pada nikotin membuat perokok sulit menghentikan kebiasaan yang merugikan kesehatan ini. Kadar dopamine, zat yang memberikan efek nikmat dan menenangkan, menurun pada saat tidak merokok sehingga timbul rasa tidak nyaman bahkan stres.

“Sejak kapan Anda mulai merokok ?”

N=149

SD >>> (11,4%)
SMP >>>>>> (17,4%)
SMA >>>>>>>>>> (32,9%)
Kuliah >>>> (14,1%)
Saat sudah kerja >>>>>>> (24,2%)

Sejauh ini, kesadaran akan bahaya rokok di perkotaan tampak cenderung terkendali. Dari 830 responden yang dihubungi, kurang dari seperlima (18 persen) yang mengaku sebagai perokok atau masih merokok.

Usia masa SMA adalah yang paling rewan mengenal kebiasaan merokok ini. Hampir semua perokok tahu bahwa kebiasaan ini dapat menimbulkan penyakit mematikan, seperti kanker, penyakit jantung, stroke, dan infeksi paru-paru (pneumonia).

Kegagalan sebagian perokok berhenti dari kebiasaan buruk ini tampak ditunjang kondisi lingkungan mereka. Hampir separuh responden perokok menyatakan keluarga mereka menyatakan biasa-biasa saja dengan kebiasaan merokok.

“Reaksi orangtua saat mengetahui rensponden merokok.”
N=149

25,5% Marah-marah
45% Biasa Saja
16,8% Menasihati agar tidak merokok
9,4% Orangtua tidak tahu
3,3% Tidak Jawab

N total =830
Sampling error = +/- 3,4
Pelaksanaan Polling = 4-6 Maret 2009

Sumber : KOMPAS, Minggu 8 Maret 2009

15 Komentar :

Bintang mengatakan...

Rokok memang kayak narkoba kecil.
Postingan terbarunya kok linknya nggak ada?

Hangga Nuarta mengatakan...

Wah... tidak saya sangka banyak yang sudah merokok sejak SD...

juverly mengatakan...

Lebih Bagus lagi kalau pabrik rokok nya berubah fungsi. Kan tembakau dan cengkih sebagai bahan pembuat rokok juga punya manfaat lain yang mungkin lebih baik. Tinggal diteliti, gali and terapkan.Jadi pegawai juga ga' perlu di PHK.

Rendy Herdiawan mengatakan...

@Bintang
Bener banget dehh..
Kalo tidak mau ketagihan sebaiknya jauhin saja. Narkoba dalam dosis kecil tapi danpaknya fatal. Maaf nihh blog ini masih harus ada perbaikan di sana-sini. Harap maklum. Jangan bosen berkunjung ke sini ya..
Salam Sukses!!

@Hangga Nuarta
Yapp benar sekali. Saya yakin itu karena faktor lingkungan, jadi sebaiknya kita harus benar-benar menjaga generasi muda kita dari keterpurukan semacam ini. Mau jadi apa bangsa kita kalau seperti ini. Kita jaga generasi muda kita.
Sukses ya..

@juverly
Usulannya bagus juga, memang seharusnya tembakau dan cengkeh jangan hanya dijadikan rokok saja yang akibatnya akan merusak badan kita. Bagusnya kalau tembakau dan cengkeh dimodifikasi menjadi produk lain selain rokok. Semoga ada orang kreatif yang dapat memanfaatkan tembakau dan cengkeh menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
Terima kasih komentarnya di posting BLOG HEBOH. =)

PDF Kita mengatakan...

jadi malu nih

kuryt mengatakan...

Makanya jangan jadi peroko,,buat yang dah ayo segera berhenti dan stop polusi huk...huk..huk..

Your Friend:Myokezone

aa' mil mengatakan...

Rokok emang telah menjadi tuhan2 kecil dalam kehidupan manusia

stop dreaming start action mengatakan...

buat ak rokok segalanya..soalnya ak perokok :)

Berry Devanda mengatakan...

Rokok = tuhan 9 cm?

Blackbird mengatakan...

kalo udah candu bener2 susah ngelepasinnya.. saya udah 10 tahun jadi perokok aktif.. rokok bener2 ngerusak mata saya.. mata pencaharian maksudnya

Mengembalikan Jati Diri Bangsa mengatakan...

Saya perokok aktif. Udah dibebaskan merokok sejak SMP.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang mengatakan...

wah smoga saya bisa cepet berhenti merokok.. :)

Nirwan D mengatakan...

w skrang banyak perokok, anak sd dah pd gaya,
saya kls 3 smp belum pernah merokok

belajar seo blogspot mengatakan...

untung aku g ngerokok.,.

blogger tutorial mengatakan...

wah anak sd udah ngerokok..
terlalu...

Posting Komentar

Berikan Komentar kamu jadilah yang PERTAMAX dan jadilah Top Commentator agar blog terdaftar di my link

Blog Heboh © 2008 Full Template by BLOG HEBOH.

Kembali Ke Atas